Minggu, 15 November 2009

"MEMORI UTAMA”

"MEMORI UTAMA”


Memori adalah bagian dari komputer tempat program-program dan data disimpan. Beberapa pakar komputer (terutama yang berasal dari Inggris) menggunakan istilah Store atau Storage untuk memori mskipun kata “Storage” sering digunakan untuk menuju ke penyimpanan disket. Tanpa sebuah memori sebagi tempat untuk untuk mendapatkan tempat informasi guna dibaca dan ditulis oleh Procesor . maka tidak akan ada Komputer digital dengan system penyimpanan program.

Bits

Satuan pokok memori adalah digit biner , yang disebut dengan Bit. Sebuah bit dapat berisi angka “0” dan sebuah angka “1”. Ini adalah satuan yang paling sederhana. (Sebuah peralatan untuk menyimpan hanya angka nol “0” mustahil dapat membentuk landasan dari suatu system memori , paling tidak diperlukan 2 nilai).

Alamat-Alamat Memori


Memori-memori terdiri dari sejumlah sel-sel masing-masing dapt menyimpan sepotong informasi. Setiap sel memeiliki sebuah angka, yang disebut alamat, yang dapat dipakai program-program sebagai acuan. Jika sebuah memori memiliki sel-sel . Sel-sel tersebut akan memiliki alamat-alamat “0” sampai “n-1”. Semua sel dalam sebuah memori berisi jumlah Bit yang sama. Jika sebuah terdiri dari “K” bit. Sel tersebut dapat menyimpan salah satu dari “2K” kompinasi bit yang berbeda.

Pengaturan Byte


Byte-byte dalam sebuah word dapat diberi nama dari kiri ke kanan atau ke kanan ke kiri. Pertama-tama mungkin tampak bahwa pilihan ini tidak penting, tapi seperti yang akan kita lihat sekilas, pilihan tersebut memiliki implikasi-implikasi utama.

Kode-Kode Untuk Memeperbaiki Kesalahan


Memori komputer kadang-kadang dapat membuat kesalahan karena tekanan-tekanan voltase pada arus listrik atau sebab-sebab lain untuk mengurangi kesalahan-kesalahan semacam itu, beberapa memori menggunakankode-kode pendeteksinya. Kode-kode perbaikan kesalahan setiap word memori dengan suatu cara khusus. Ketika sebuah word muncul dari memori-memori byte tambahan tersebut diperiksa apakah untuk melihat apakah telah terjadi sebuah kesalahan.

Memori Cash

Secara histories, CPU-CPU selalu lebih cepat daripada memori-memori. Ketika memori-memori semakin berkembang maju dan CPU-CPU pun semakin bertambah maju, peredaran kecepatan tersebut tetap ada. Pada kenyatannya, karena memungkinkan untuk menempatkan lebih banyak sirkuit pada sebuah chip, para perancang CPU menggunakan fasilitas-fasilitas baru ini untuk pipelining dan opersi superskala yang menyebabkan CPU-CPU semakin bertambah cepat.

0 komentar:

Posting Komentar